Makalah:
AL-QUR’AN DAN AL-HADITS SEBAGAI
SUMBER NILAI AHLAK ISLAM
O L E H
NAMA
|
: HARTO KAMBATON
|
STAMBUK
|
: 20911057
|
KELAS
|
: B
|
PRODI
|
: ADM. PENDIDIKAN
|
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH KENDARI
2011
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Allah adalah Khalik yang menciptakan
segala sesuatu di luar diri-Nya. Sedangkan segala sesuatu yang diciptakan-Nya
disebut makhluk. Manusia dan segala sesuatu yang menyertainya adalah juga
makhluk. Sekarang akhlak. Apakah akhlak itu? Jawabannya mudah : Akhlak ialah
semua tingkah laku dan gerak-gerik makhluk dan yang dimaksud makhluk di sini
(telah dipersempit) ialah manusia (hanya menyangkut tingkah laku manusia saja).
Akhlak yang benar akan terbentuk bila
sumbernya benar. Sumber akhlak bagi seorang muslim adalah al-Qur’an dan
as-Sunnah. Sehingga ukuran baik atau buruk, patut atau tidak secara utuh diukur
dengan al-Qur’an dan as-Sunnah. Sedangkan tradisi merupakan pelengkap selama
hal itu tidak bertentangan dengan apa yang telah digariskan oleh Allah dan
Rasul-Nya. Menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber akhlak merupakan
suatu kewajaran bahkan keharusan. Sebab keduanya berasal dari Allah dan
oleh-Nya manusia diciptakan. Pasti ada kesesuaian antara manusia sebagai
makhluk dengan sistem norma yang datang dari Allah SWT.
B.Rumusan
Masalah
1.Apakah yang
dimaksut dengan akhlak,al-quran dan alhadits?
2.Sebutkan
syarat sah hadits dan sumber akhlak islam!
3.Sebutkan
faktor-faktor pembentuk akhlak!
4.Bagaimana
pentingnya akhlak islam dan cara mencapai akhlak mulia!
C. Tujuan D
Manfaat
Ø Tujuan
1.
Untuk mengetahui tentang defenisi akhlak,al-quran dan
al-hadits.
2.
Untuk mengetahui syrat sah hadits dan sumber akhlak
islam.
3.
Untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk akhlak.
4.
Untuk mengetahui pentingnya akhlak islam dan cara
mencapai akhlak mulia.
Ø Manfaat
1.
Sebagai sumber bacaan dan tambahan
bagi semua pihak yang ingin mengetahui Al-Quran
Dan Alhadits Sebagai Sumber Nilai Akhlak Islam.
2.
Sebagai bahan perbandingan dengan
makalah lain yang mengangkat masalah yang sama.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
DEFENISI AKHLAK
Allah adalah Khalik yang menciptakan
segala sesuatu di luar diri-Nya. Sedangkan segala sesuatu yang diciptakan-Nya
disebut makhluk. Manusia dan segala sesuatu yang menyertainya adalah juga
makhluk. Sekarang akhlak. Apakah akhlak itu? Jawabannya mudah : Akhlak ialah
semua tingkah laku dan gerak-gerik makhluk dan yang dimaksud makhluk di sini
(telah dipersempit) ialah manusia (hanya menyangkut tingkah laku manusia saja).
B.
PENGERTIAN
AL-QURAN DAN AL-HADITS
Ditinjau dari segi kebahasaan,
Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau
"sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur’an adalah bentuk
kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Konsep
pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur'an sendiri
yakni pada ayat 17 dan 18 Surah
Al-Qiyamah yang artinya:
“Sesungguhnya
mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada
lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah
membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”.(75:17-75:18).Sedangkan
Menurut bahasa kata hadits memiliki arti;
1.
al jadid minal asyya (sesuatu yang baru), lawan dari qodim.
Hal ini mencakup sesuatu (perkataan), baik banyak ataupun sedikit.
2.
Qorib (yang dekat)
3.
Khabar (warta), yaitu sesuatu yang
dipercakapkan dan dipindahkan dari seseorang kepada orang lain dan ada
kemungkinan benar atau salahnya. Dari makna inilah
diambil perkataan hadits Rasulullah saw.
Jamaknya adalah hudtsan, hidtsan dan
ahadits. Jamak ahadits-jamak yang tidak menuruti qiyas dan jamak
yang syad-inilah yang dipakai jamak hadits yang bermakna khabar dari Rasulullah
saw. Oleh karena itu, hadist-hadits Rasul dikatakan ahadits al Rosul bukan
hudtsan al Rosul atau yang lainnya.
Ada juga yang berpendapat ahadits bukanlah
jamak dari hadits, melainkan merupakan isim jamaknya.
Dalam hal ini, Allah juga menggunakan kata hadits dengan
arti khabar, dalam firman-Nya;
فليأتوا بحديث مثله إن كانوا صادقين.
“maka hendaklah mereka mendatangkan
khabar yang sepertinya jika mereka orang yang benar” (QS. At Thur; 24).
Adapun hadits menurut istilah ahli
hadits hampir sama (murodif) dengan sunah, yang mana keduanya memiliki
arti segala sesuatu yang berasal dari Rasul, baik setelah dingkat ataupun
sebelumnya. Akan tetapi kalau kita memandang lafadz hadits secara umum adalah
segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw. setelah diangkat
menjadi nabi, yang berupa ucapan, perbuatan, dan taqrir beliau. Oleh sebab itu,
sunah lebih umum daripada hadits.
Menurut ahli ushul hadits adalah
segala pekataan Rosul, perbuatan dan taqrir beliau, yang bisa bisa dijadikan
dalil bagi hukum syar’i. Oleh karena itu, menurut ahli
ushul sesuatu yang tidak ada sangkut pautnya dengan hukum tidak tergolong
hadits, seperti urusan pakaian.
C. SYARAT SAH
HADITS
1. Sanad Bersambung
|
Maksudnya
ialah mestilah ada di antara perawi sanad suatu ikatan ilmu seperti bertemu
dengan orang yang mendapat hadis daripada orang yang terdahulu dan orang yang
mengambil hadis daripada penyampai hadis. Tidak terjadi di antara kedua-dua
perawi hadis jarak masa atau tempat yang tidak mengizinkan untuk bertemu atau
mustahil untuk bertemu.
2. Adil
|
Merupakan
satu sifat yang dimiliki di dalam jiwa yang dapat membawa pemiliknya menjadi
seorang yang bertaqwa, bermaruah, menjauhkan diri dari perkara keji dan bidaah.
Perawi yang adil ialah orang yang mencukupi syarat-syarat berikut :-
Bil
|
Syarat
|
Keterangan
|
1
|
Islam
|
Tidah boleh diterima hadis yang diriwayatkan oleh seorang
yang bukan Islam sekalipun dia adalah ahli kitab.
|
2
|
Sampai umur
|
Tidak boleh diterima hadis yang diriwayatkan oleh seorang
kanak-kanak.
|
3
|
Berakal
|
Tidak boleh diterima hadis yang diriwayatkan oleh orang
gila.
|
4
|
Tidak Fasik
|
Fasik ialah melakukan dosa-dosa besar atau berterusan
melakukan dosa-dosa kecil.
|
5
|
Menjaga Maruah
|
Iaitu hendaklah seseorang perawai itu bersikap dengan
sikap yang selayaknya mengikut kedudukannya. Sekiranya beliau seorang ulama,
dia akan bersikap dengan sikap yang layak bagi ulama dan tidak bersikap
seperti seorang penjual. Para pengkaji hadis mengambil berat dalam aspek
akhlak seseorang perawi hadis yang akan menjamin kebenaran dan amanahnya
serta terselamat daripada perkara-perkara yang boleh mencacatkan kedudukan
sesuatu riwayat, lebih-lebih lagi apabila perkara yang diriwayatkan berkaitan
dengan urusan agama dan Sunnah Nabi S.A.W.
|
3. Penjagaan Riwayat
|
Mereka
yakin terhadap apa yang mereka hafal, terpelihara daripada kesalahan atau
kesamaran, mampu menyebut apa yang dihafal. Semua ini disyaratkan pada setiap
perawai hadis dari awal sanad hingga akhir.
Bil
|
Jenis Penjagaan
|
Keterangan
|
1
|
Penjagaan di dalam dada
|
Iaitu seseorang perawai menghafal apa yang didengarinya
dan beliau dapat menyampaikannya semula.
|
2
|
Penjagaan berbentuk penulisan (buku)
|
Iaitu seseorang perawi menjaga terhadap apa yang ditulis
setelah membuat pembetulan, membaiki tulisan dan membuat pengiktirafan
terhadapnya serta menjaga kitabnya daripada sampai ke tangan orang yang ingin
mempermainkan atau membuat pemesongan, iaitu semenjak beliau mula menulis
sehinggalah beliau menyampaikan sebagaimana yang ditulis.
|
4.
Selamat Dari Pada Keganjilan
Yaitu tiada perbezaan perawi terhadap
siapakah perawi yang lebih diyakini atau lebih dipercayai, kerana syaz
(kecacatan atau keganjilan) ialah terdapat perselisihan di antara perawi yang
dipercayai (thiqah) dan perawi yang lebih diyakini daripadanya iaitu terdapat
tambahan atau kekurangan pada riwayat yang dibawa oleh perawi yang lebih
diyakini tidak terdapat sebarang tambahan atau kekurangan. Oleh itu sebarang
bentuk gabungan atau persepakatan tidak mungkin berlaku di antara dua riwayat
yang berbeza, di mana dengan adanya perselisihan ini akan menghalang kesahihan
hadis. Manakala pakar-pakar dalam bidang ini seperti Al-Khitaabi, Al-Bukhari
dan Muslim tidak mensyaratkan syarat ini iaitu membuat mereka membuat
pengertian sahih tanpa syarat tersebut dan begitu juga dengan Ibnu Hajar.
5. Selamat Daripada Illat
|
Yaitu merupakan berlakunya kesamaran yang
boleh mencacatkan kesahihan hadis. Hadis pada zahirnya adalah terkumpul
mengikut syarat-syarat sahih dan selainnya terdapat sebab kecacatan kecil atau
tersembunyi yang tidak diketahui, kecuali para ulama besar melarang daripada
menghukumkannya dengan sahih. Oleh itu hadis tersebut dikira sebagai Hadis
Maukuf dan diriwayatkan secara Marfuk atau sebaliknya, ataupun terdapat juga
isnad perawi yang meriwayatkan hadis daripada orang yang sezaman dengan lafaz
dengan kesamaran samada dia mendengarnya
ataupun dia tidak mendengar daripadanya, lalu disyaratkan terhadap kesahihan
sesebuah hadis iaitu tidak terdapat padanya suatu
kecacatan.
D. FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK AHLAK
1.
|
Al-Wiratsiyyah
(Genetik)
|
Misalnya: seseorang yang berasal dari daerah
Sumatera Utara cenderung berbicara “keras”, tetapi hal ini bukan melegitimasi
seorang muslim untuk berbicara keras atau kasar karena Islam dapat
memperhalus dan memperbaikinya.
|
|
2.
|
An-Nafsiyyah
(Psikologis)
Faktor
ini berasal dari nilai-nilai yang ditanamkan oleh keluarga (misalnya ibu dan
ayah) tempat seseorang tumbuh dan berkembang sejak lahir. Semua anak
dilahirkan dalam keadaan fitrah, orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi,
Nasrani atau Majusi (Hadits). Seseorang yang lahir dalam keluarga yang
orangtuanya bercerai akan berbeda dengan keluarga yang orangtuanya lengkap.
3.Syari’ah Ijtima’iyyah
(Sosial)
Faktor
lingkungan tempat seseorang mengaktualisasikan nilai-nilai yang ada pada dirinya berpengaruh pula dalam pembentukan
akhlak seseorang.
E.
PENTINGNYA AKHLAK ISLAM
Nilai
Islami akan membentuk akhlak Islami.Akhlak Islami ialah seperangkat
tindakan/gaya hidup yang terpuji yang merupakan refleksi nilai-nilai Islam
yang diyakini dengan motivasi semata-mata mencari keridhaan Allah. Akhlak ialah salah satu faktor yang
menentukan derajat keislaman dan keimanan seseorang. Akhlak yang baik adalah
cerminan baiknya aqidah dan syariah yang diyakini seseorang. Buruknya akhlak
merupakan indikasi buruknya pemahaman seseorang terhadap aqidah dan syariah.
“Paling sempurna orang mukmin imannya adalah yang paling luhur
aqidahnya.”(HR.Tirmidi). “Sesungguhnya kekejian dan perbuatan keji itu
sedikitpun bukan dari Islam dan sesungguhnya sebaik-baik manusia keislamannya
adalah yang paling baik akhlaknya.”(HR.Thabrani, Ahmad dan Abu Ya’la)
1.
Akhlak
adalah buah ibadah
“Sesungguhnya
shalat itu mencegah orang melakukan perbuatan keji dan munkar” (QS. 29:45)
2.
Keluhuran
akhlak merupakan amal terberat hamba di akhirat
“Tidak
ada yang lebih berat timbangan seorang hamba pada hari kiamat melebihi
keluhuran akhlaknya” (HR. Abu Daud dan At-Tirmizi)
3.
Akhlak
merupakan lambang kualitas seorang manusia, masyarakat, umat karena itulah akhlak
pulalah yang menentukan eksistensi seorang muslim sebagai makhluk Allah SWT.
“Sesungguhnya
termasuk insan pilihan di antara kalian adalah yang terbaik
akhlaknya”(Muttafaq ‘alaih).
F.
CARA MENCAPAI AKHLAK
1.
Menjadikan
iman sebagai pondasi dan sumber
Iman
artinya percaya yaitu percaya bahwa Allah selalu melihat segala perbuatan
manusia. Bila melakukan perbuatan baik, balasannya akan menyenangkan. Bila
perbuatan jahat maka balasan pedih siap menanti. Hal ini akan melibatkan iman
kepada Hari Akhir. Akhlak yang baik akan dibalas dengan syurga dan
kenikmatannya (QS. 55:12-37). Begitu pula dengan akhlak yang buruk akan
disiksa di neraka (QS. 22:19-22).
2.
Pendekatan
secara langsung
Artinya
melaui al-Qur’an.Sebagai seorang muslim harus menerima al-Qur’an secara mutlak
dan menyeluruh. Jadi, apapun yang tertera di dalamnya wajib diikuti.
Misalnya, al-Qur’an melarang untuk saling berburuk sangka (QS. 49:12),
menyuruh memenuhi janji (QS. 23:8), dsb.
3.
Pendekatan tidak secara langsung
Yaitu
dengan upaya mempelajari pengalaman masa lalu, yakni agar kejadian-kejadian
malapetaka yang telah terjadi tak akan terulangi lagi di masa kini dan yang
akan datang. Dari
hal di atas, intinya adalah latihan dan kesungguhan. Latihan artinya berusaha
mengulang-ulang perbuatan yang akan dijadikan kebiasaan. Kemudian
bersungguh-sungguh berkaitan dengan motivasi. Motivasi yang terbaik dan
paling potensial adalah karena ingin memenuhi perintah Allah dan takut
siksa-Nya.
BAB III
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Ditinjau dari
segi kebahasaan, Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti
"bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata
Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang
artinya membaca.
Hadits adalah segala pekataan Rosul,
perbuatan dan taqrir beliau, yang bisa bisa dijadikan dalil bagi hukum syar’i.Allah adalah Khalik yang menciptakan
segala sesuatu di luar diri-Nya. Sedangkan segala sesuatu yang diciptakan-Nya
disebut makhluk. Manusia dan segala sesuatu yang menyertainya adalah juga
makhluk. Sekarang akhlak. Apakah akhlak itu? Jawabannya mudah : Akhlak ialah
semua tingkah laku dan gerak-gerik makhluk dan yang dimaksud makhluk di sini
(telah dipersempit) ialah manusia (hanya menyangkut tingkah laku manusia saja).
B.
Saran
Sebaiknya kita lebih banyak membaca buku atau referensi
mengenai al-quran dan al-hadits sebagai sumber nilai akhlak islam,agar kita
lebih bisa memahami dan mengerti tentang materi pelajaran tersebut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar