Senin, 12 Maret 2012

KEARIFAN LOKAL KABUPATEN MOROWALI


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
NAMA
: HARTO KAMBATON
STAMBUK
: 20911057
KELAS
: B
PRODI
: ADM. PENDIDIKAN










 


TEPEASA MOROSO
SEBAGAI SALAH SATU KEARIFAN LOKAL
DI KABUPATEN MOROWALI
Tepeasa moroso merupakan salah satu semboyan atau kearifan lokal yang sering digunakan oleh masyarakat di Kabupaten Morowali. Semboyan ini sering disebut-sebut sebagai semboyan yang memiliki makna pemersatu untuk masyarakat Morowali. Tepeasa Moroso yang berasal dari bahasa bungku yang terdiri dari dua suku kata yaitu tepeasa dan moroso, tepeasa yang artinya bersatu dan moroso yang artinya erat atau kuat. Jadi,secara terminologi atau bahasa, tepeasa moroso adalah bersatu dengan erat atau bersatu untuk kuat.
Masyarakat morowali pada umunya terdiri dari dua suku yaitu suku mori dan suku bungku. Awal mula muncul semboyan tepeasa moroso adalah sebagai semboyan untuk mempersatukan kedua suku tersebut yang notabenenya adalah suku yang sama-sama satu ras.jadi,semboyan tepeasa moroso bukan hanya sekedar bahasa yang dikeluarkan begitu saja tetapi mempunyai nilai sosial didalamnya. Akan tetapi ketika semboyan ini ditinjau lebih lanjut,pemaknaanya tidak sampai disitu saja tetapi semboyan tepeasa moroso bisa juga diartikan sebagai salah satu bentuk ekspresi dari masyarakat morowali yang menginginkan hidup bermasyarakat yang harmonis.
Kearifan lokal tersebut tidak hanya dipakai didalam masyarakat tetapi juga dijumpai didalam pemerintahan di kabupaten morowali. kata tepeasa moroso didalam kepemerintahan di kabupaten morowali memiliki makna yang sangat besar karena semboyan tersebut merupakan simbol dimana pemerintahan di kabupaten morowali harus bersatu dan kuat,saling mendukung sehingga kabupaten morowali bisa melaksanakan visi dan misinya untuk membangun kabupaten morowali kedepannya menjadi kabupaten yang membanggakan dalam segi agama, politik, sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya,
A. Hubungan Kearifan Lokal ( TEPEASA MOROSO ) Dengan Masyarakat Di Kabupaten Morowali
Tepeasa Moroso merupakan satu kearifan lokal yang sering digunakan oleh masyarakat kabupaten morowali. masyarakat morowali merupakan masyarakat yang di kenal sangat menjunjung tinggi rasa kekeluargaan. Tak ada satu kegiatan pun yang dilakukan dalam lingkungan masyarakat yang terlepas dari adanya bantuan dan kerjasama antara masyarakat morowali. Tak terlepas dari hal ini, bentuk kerjasama ini tidak hanya dilakukan dalam lingkungan masyarakat morowali itu sendiri namun, bentuk kerjasama ini sering juga dilakukan diluar dari masyarakat morowali. Kenyataan ini dapat kita lihat hingga saat ini, dimana pada awalnya masyarakat morowali yang hanya terdiri dari dua suku yaitu suku mori dan suku bungku, namun pada keadaan sekarang penduduk yang mendiami kabupaten morowali terdiri dari berbagai suku yang datang melakukan migrasi hingga menetap di kabupaten morowali.
Keberagaman suku ini, tidak menurunkan hakikat atau nilai dari kearifan lokal masyarakat morowali itu sendiri. Tetapi, dengan keragaman suku ini, malah lebih menambah rasa kekeluargaan dan persaudaraan di dalam masyarakat morowali. Semboyan tepeasa moroso semakin dijunjung tinggi dan di akui dapat memberikan kekuatan untuk tetap saling menghargai dan membantu dalam hal apapun. Hal inilah yang mendorong banyak masyarakat dari daerah atau suku lain untuk tinggal dan menetap di kabupaten morowali. Contoh hubungan masyarakat dengan masyarakat, dalam acara pesta perkawinan yang dilakukan masyarakat. Dimana masyarakat saling membantu dan begotong royong untuk menyelenggarakan pesta tersebut mulai dari kegiatan yang kecil sehingga pesta tersebut dapat berlangsung dengan baik,selain itu juga apabila salah satu anggota keluarga dalam keadaan berduka maka warga lainnya membantu dan memberikan semangat kepada keluarga yang sedang berduka.
Kearifan lokal ini tidak hanya digunakan masyarakat dalam hubungannya dengan masyarakat saja. Namun juga hubungannya dengan lingkungan atau alam disekitarnya. Kearifan lokal ini sangat jelas diperlihatkan oleh komunitas towana di kabupaten morowali yang berada di alam. Masyarakat tradisional beranggapan bahwa mereka hidup “bersama” alam, dan bukan “di” alam seperti sikap kebanyakan anggota masyarakat modern. Oleh karena itu, komunitas towana ini memiliki solidaritas yang lebih kuat dengan alam. Mereka tidak pernah memperlakukan alam sebagai objek, melainkan sebagai subjek yang sebenarnya tidak dapat diperlakukan dengan sewenang-wenang. Kecenderungan komunitas towana untuk lebih memuliakan dan bukannya semata-mata memanfaatkan alam.
Pembangunan keagamaan dan pembangunan perdamaian juga dilakukan berdasarkan kearifan lokal masyarakat kabupaten morowali. Kearifan lokal dibangun antara umat beragama guna untuk menciptakan perdamaian. Masyarakat morowali sangat menghargai perbedaan akidah/agama.
Namun dalam kearifan lokal juga tetap dibangun kerjasama, seperti dalam membangun tempat-tempat ibadah serta dalam merayakan hari-hari besar keagamaan. Contohnya,dalam merayakan hari-hari besar keagamaan para masyarakat saling membantu untuk membersihkan tempat-tempat yang akan digunakan.
Di daerah kabupaten morowali tersebut juga sering diadakan gelar adat dan budaya bungku dimana dalam gelar adat tersebut yang sering dilaksanakan dibungku tengah dengan mempersatukan kecamatan dari kecamatan Bungku utara, Momosalato, Witaponda, Bumi Raya, Bungku Barat, Bungku Tengah, Bahodopi, Bungku Selatan dan Menui Kepulauan merupakan satu kesatuan dan merupakan tanah leluhur yang selama ini tetap dijunjung tinggi dan dihormati sebagai tanah adat masyarakaat bungku yang didalamnya tumbuh berkembang budaya dan adat masyarakat Bungku.
Masyarakat bungku juga selalu memelihara dan menumbuh kembangkan seni dan budaya masyarakat baik yang asli maupun yang masuk dari luar, dalam rangka pembinaan dan pengembangan kebudayaan nasional,selain itu wilayah eks swaparja yang sudah diakui keberadaannya dari zaman kerajaan sampai saat ini sebagai bagian dari NKRI, merupakan satu kesatuan wilayah tempat tumbuh dan berkembangnya wilayah masyrakat adat bungku beserta kebudayaannya merupakan kekayaan budaya nasional .dalam rangka pelestarianya. Maka wilayah adat masyarakat bungku akan terus dijaga dan dipertahankan keutuhan dari pengaruh apapun juga.
Inilah bentuk kearifan lokal yang selalu di pergunakan oleh masyarakat kabupeten morowali, “Tepeasa Moroso” yang berarti “Bersatu untuk membangun kekuatan” khususnya di daerah bungku yang selalu menjadi acuan dalam melakukan segala sesuatu.
Kearifan lokal ini mungkin sangat sulit untuk dilakukan oleh masyarakat di daerah lain. Namun, bagi masyarakat di kabupaten morowali khususnya didaerah bungku kearifan lokal “Tepeasa Moroso” ini adalah segalanya dan telah menjadi kebiasaan yang harus ada dalam setiap kegiatan apapun dalam masyarakat demi membangun morowali yang lebih baik. Sebenarnya kearifan lokal juga tidak hanya didapat dalam daerah tetapi dinegara indonesia juga kita menggunakan semboyan ”Bhineka Tunggal Ika” yang memiliki makna sama dengan kearifan lokal di kabupaten morowali dan mungkin di daerah-daerah lain.
B. Hubungan Kearifan Lokal (TEPEASA MOROSO) Dengan Pemerintahan Di Kabupaten Morowali
Kabupaten morowali merupakan kabupaten yang baru dimekarkan begitupun dengan pemerintahannya. Pemerintahan kabupaten morowali dapat di katakan, pemerintahan yang baru atau pemerintahan yang masih dini terbentuk menjadi suatu pemerintahan. Pemerintahan kabupaten morowali terbentuk dan mulai dijalankan pada tanggal 5 agustus tahun 2002 sejak di tetapkannya UU 51 thn 1999 tentang pemfungsian ibukota kabupaten morowali yang defenitif di bungku. Namun dengan prestasi yang diraih oleh pemerintah kabupaten morowali, menempatkan kabupten morowali seakan telah lama terbentuk dengan perkembangan pembangunan semakin baik maupun dalam menejmen pemerintahannya.
Kemajuan ini tidak terlepas dari kearifan lokal yang selalu di anut dan di pegang teguh oleh masyarakat dan pemerintahan kabupaten morowali. Kearifan lokal “Tepeasa Moroso” tidak hanya dipergunakan dalam lingkungan masyarakat, namun juga digunakan dalam pemerintahan. Kearifan lokal ini digambarkan dengan membangun hubungan pemerintah dengan masyarakat kabupaten morowali agar pemerintahan disana berjalan dengan baik karena masyarakat berperan dalam pembangunan selain itu pemerintahan bekerjasama antar instansi-instansi dalam melakukan kinerjanya untuk membangun dan memajukan kabupaten morowali.
Berhubungan dengan kearifan lokal dalam pemerintahan kabupeten morowali, pemerintah kabupaten morowali juga membangun kerjasama dengan kabupaten-kabupaten lain, pemerintah provinsi dan bahkan sampai pada pemerintah pusat demi kemajuan kabupaten morowali. Selain itu, morowali dikenal sebagai daerah yang cukup kaya dengan sumber daya alam. Namun dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM), sehingga pemerintah kabupaten morowali juga membangun kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing guna mengolah dan menggunakan sumber daya alam demi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan kabupaten morowali.
Dalam bidang politik dan sosial pemerintahan melakukan kerjasama dengan kabupaten-kabupaten yang ada disulawesi maupun diluar sulawesi, kerjasama tersebut membuat kabupaten morowali mempunyai kekuatan tersendiri. Didalam kebudayaan pemerintahan kabupaten selalu mengikuti gelar-gelar adat yang diadakan disulawesi tengah maupun diluar dan bekerjasama dengan masyarakat sehingga sering kabupaten morowali mendapatkan peringkat pertama itu semua tidak terlepas dari kearifan lokal tepeasa moroso.karena tanpa kearifan lokal tersebut, pemerintah dan masyarakat tidak dapat bersatu.
Sampai sekarang pemerintahan di kabupaten morowali masih selalu berusaha membangun hubungan kerjasama ini untuk membangun wilayahnya agar menjadi daerah yang maju. Jadi sangatlah jelas bahwa kearifan lokal di kabupaten morowali sangat berpengaruh baik dalam masyarakat maupun dalam pemerintahan guna untuk menciptakan daerah yang berkembang dan mensejahtrakan masyarakatnya, selain itu kearifan lokal (tepeasa moroso) juga mengandung makna yang sangat berarti bagi masyarakat kabupaten morowali karena tepeasa moroso sering digunakan sebagai motifasi untuk kinerja pemerintah daerah yang kemudian dijadikan sebagai alat untuk intropeksi diri bagi aparat pemerintah daerah. Ada beberapa fungsi dari slogan ini antara lain :
1. Sebagai semboyan pemersatu
2. Sebagai alat intropeksi diri
3. Semboyan yang berfungsi sebagai motifasi
Semboyan Inilah yang kemudian digunakan pemerintah daerah untuk menjadikan morowali sebagai salah satu daerah yang menjunjung tinggi nilai-nilai harmonisasi untuk kemajuan daerah.
Pemerintah kabupaten morowali yang mempunyai visi menjadikan morowali sebagai kabupaten “agribisnis” kini tengah mulai membenahi satu persatu kearifan lokalnya diantaranya suku wana yang ada dikecamatan bungku utara dan momosalato kabupaten morowali mulai diberikan fasilitasi jalan produksi untuk bisa dijangkau oleh pemerintah. Tepeasa moroso inilah semboyan yang kemudian dijadikan patron pemerintah sebagai semboyan pemersatu karena banyaknya budaya-budaya dan Ras yang ada dikabupaten morowali, disamping itu pemerintah daerah juga perlu meningkatkan kesejahteraan umum, melalui kebijakan Bupati sebagai pengambil kebijakan didaerah untuk menjadikan kabupaten morowali sebagai morowali yang sejahtera adil dan makmur.

1 komentar: