Minggu, 15 April 2012

MAKALAH PERSYARATAN VALIDASI INSTRUMEN EVALUASI


KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillaahirabbil’alaamiin,puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat limpahan rahmat, karunia dan hidayahNya-lah kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Persyaratan Validasi Instrumen Evaluasi”
Selain bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah perencanaan dan evaluasi pendidikan,makalah ini juga disusun dengan maksud agar pembaca dapat memperluas ilmu dan pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan pemKami juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen Mata Kuliah keperawatan maternitas yang telah membimbing kami. Bahasan yang kami akan diskusikan.
Tak lupa pula ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.
Kritik dan saran selalu kami harapkan demi penyempurnaan makalah-makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca dan dapat bermanfaat bagi kita semua.Amin.
                                                                                                       
                                                                                                      Kendari,24 oktober 2011


                                                                                                                        HARTO KAMBATON

DAFTAR ISI
KATA PENNGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar belakang.............................................................................................
B.Rumusan masalah.........................................................................................
C.Tujuan...........................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian validitas instrumen evaluasi........................................................
B.Beberapa kaidah instrumen evaluasi dalam pembuatan soal........................
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan....................................................................................................4
B.Saran..............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
            Instrumen atau tes sebagai alat pengumpulan data penelitian perlu memenuhi tiga diantara persyaratan penting ,yaitu valid reliabel,dan bermanfaat.Instrumen penelitian dikatakan valid apabila hasil interprestasi instrumen dapat mengukur apa yang hendak diukur ,reliabel jika mempunyai hasil yang konsisten.
            Karakteristik pertama dan memiliki peranan sangat penting dalam instrumen evaluasi,yaitu karakteristik valid.Valid menurut Gronlund (1985) dapat diartikan sebagai ketepatan interprestasi yang dihasilkan dari skir tes atau instrumen evaluasi.
B.Rumusan masalah
   Adapun permasalahan yang kami angkat antara lain adalah sebagai berikut:
1.Apakah yang dimaksud dengan validitas?
2.Sebutkan beberapa kaidah intstrumen evaluasi dalam pembuatan soal!
C.Tujuan
1.Untuk mengetahui pengertian validitas.
2.Untuk mengetahui beberapa kaidah instrumen evaluasi dalam pembuatan soal

BAB II
PEMBAHASAN
PERSYARATAN VALIDASI INSTRUMEN EVALUASI
A.Pengertian  validitas instrumen evaluasi
 Instrumen atau tes sebagai alat pengumpulan data penelitian perlu memenuhi tiga diantara persyaratan penting ,yaitu valid reliabel,dan bermanfaat.Instrumen penelitian dikatakan valid apabila hasil interprestasi instrumen dapat mengukur apa yang hendak diukur ,reliabel jika mempunyai hasil yang konsisten.
Karakteristik pertama dan memiliki peranan sangat penting dalam instrumen evaluasi,yaitu karakteristik valid.Valid menurut Gronlund (1985) dapat diartikan sebagai ketepatan interprestasi yang dihasilkan dari skor tes atau instrumen evaluasi.Dalam evaluasi pendidikan,validitas suatu tes dapat dibedakan menjadi:
a.validitas isi yaitu darajat di mana sebuah tes evaluasi mengukur cakupan substansi yang ingin diukur;
b.validitas konstruk adalah derajat yang menunjukkan suatu tes mengukur sebuah konstruk sementara;
c.validitas konkuren adalah derajat di mana skor dalam suatu tes dihubungkan dengan skor lain yang telah dibuat;
d.validitas prediksi adalah derajat yang menunjukkan suatu tas dapat memprediksi tantang bagaimana baik seseorang akan melakukan suatu prospek tugas yang direncanakan.              
Validitas suatu evaluasi dipengaruhi oleh beberapa faktor,yang berasal dari dalam tes,dari administrasi dan skor,dan dari jawaban siswa.
Oleh Ulianta
Sebuah instrumen evaluasi hasil belajar hendaknya memenuhi syarat sebelum digunakan untuk mengevaluasi atau mengadakan penilaian agar terhindar dari kesalahan dan hasil yang tidak mengakibatkan hasil penilaian menjadi bias atau tidak sesuainya hasil penilaian dengan kenyataan yang sebenarnya,seperti contoh anak yang pintar dinilai tidak mampu atau sebaliknya.Jika terjadi demekian perlu dinyatakan apakh persyaratan instrumen yang digunakan menilai sudah sesuai dengan kaidah-kaidah penyusunan instrumen.
B.Beberapa kaidah instrumen evaluasi dalam pembuatan soal
 Instrumen evaluasi yang baik memiliki ciri-ciri dan harus memenuhi beberapa kaidah antara lain:
1.Validitas
Sebuah instrumen evaluasi dikatakan baik manakala memiliki validitas yang tinggi.Yang dimaksud Validilitas disisni adalah kemampuan instrumen tersebut mengukur apa yang seharusnya diukur.Ada tiga aspek yang hendak dievaluasi dalam evaluasi hasil belajar yaitu aspek kognitif,psikomotor dan efektif.Tinggi rendahnya validilitas instrumen dapat dihitung dengan uji validilitas dan dinyatakan dengan koefisien validilitas.
2.Reliabilitas
Instrumen dikatakan memiliki reliabilitas yang tinggi manakala instrumen tersebut dapat menghasilkan hasil pengukuran yang ajeg.Keajegan disini tidak diartikan selalu sama tetapi mengikuti perubahan secara ajeg.Jika keadaan seseorang si Upik berada lebih rendah dibandingkan orang lain misalnya si Badu,maka jika dilakukan  pengukuran ulang  hasilnya si Upik juga berada lebih rendah terahadap si Badu.Tinggi rendahnya reliabilitas ini dapat dihitung dengan uji reliabilitas dan  dinyatakan dengan koefeasien reliabilitas.
3.Objectivitas
Instrumen evaluasi hendaknya terhindar dari pengaruh-pengaruh subyektifitas pribadi dari sievaluator dalam menetapkan hasilnya.Dalam menekan pengaruh subyektifitas yang tidak bisa dihindari hendaknya evaluasi dilakukan mengacu kepada pedoman terutama manyangkut masalah kontinuitas dan komprehensif.
Evaluasi harus dilakukan secar kontinu (terus-menerus).Dengan yang berkali-kali dilakukan maka evalutror akan memeperoleh ganbaran yang lebih jelas tentang keadaan audience yang dinilai.Evaluasi yang diadakan secara on the spot dan hanya satu atau dua kali,tidak akan dapat memberikan hasil yang oyektif tantang keadaan audience yang di evaluasi.Fakot kebetulan akan sangat mengganggu hasilnya.
4.Praktibilitas
Sebuah instrumen evaluasi dikatakan memiliki praktibilitas yang tinggi apabila bersifat praktis mudah pengadministrasiannya dan memilki ciri : mudah dilaksanakan, tidak menuntut peralatan yang banyak dan memberi kebebasan kepada audience mengerjakan yang dianggap mudah terlebih dahulu. Mudah pemeriksaannya artinya dilengkapi pedoman skoring, kunci jawaban. Dilengkapi petunjuk yang jelas sehingga dapay dilaksanakan oleh oarang lain.


5.Ekonomis
Pelaksanaan evaluasi menggunakan instrumen tersebut tidak membutuhkan biaya yang mahal tenaga yang banyak dan waktu yang lama.
6.Taraf kesukaran
Instrumen yang baik terdiri dari butir-butir instrumen yang tidak terlalu mudah dan tidak mampu merangsang audiace putus asa dan tidak memiliki semangat untuk mencoba lagi karena diluar jangkauannya.Di dalam istilah evaluasi index kesukaran ini diberi simbol p yang dinyatakan dengan “proporsi”.
7.Daya pembeda
Daya pembeda sebuah instrumen adalah kemampuan instrumen tersebut membedakan antara audience yang pandai (berkemampuan tinggi )dengan audience yang tidak pandai (berkemampuan rendah ).Indek daya pembeda ini disingkat dengan D dan dinyatakan dengan index Deskriminasi.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
   Valid merupakan suatu ketepatan interprestasi yang dihasilkan dari skor tes atau instrumen evaluasi.Instrumen atau tes sebagai alat pengumpulan data penelitian perlu memenuhi tiga diantara persyaratan penting ,yaitu valid reliabel,dan bermanfaat.Instrumen penelitian dikatakan valid apabila hasil interprestasi instrumen dapat mengukur apa yang hendak diukur ,reliabel jika mempunyai hasil yang konsisten.      
B.Saran
            Sebaiknya kita harus memperbanyak membaca buku atau referensi mengenai persyaratan validasi instrumen evaluasi agar kita dapat memahami dan mengerti tentang pelajaran tersebut.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar