Rabu, 18 April 2012

RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SLTP YANG DIBERI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER


RPP PAI YANG DIBERI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

CONTOH 1:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMP
:
................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi

:
7.    Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
Kompetensi Dasar

:
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (1 x pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan dasar hukumnya .
  2. Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat munfarid dan dasar hukumnya.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi keutamaan shalat jama’ah atas shalat munfarid secara kritis.
  4. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat jama’ah .
  5. Siswa dapat menjelaskan halangan-halangan shalat jama’ah .

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Shalat jama’ah dan munfarid.
2.      Dasar hukum shalat jama’ah.
3.      Syarat shalat jama’ah
4.      Halangan shalat jama’ah

C.     Metode  Pembelajaran
1.      Mambaca dengan cermat buku                                                              
2.      Diskusi
3.      Presentasi
4.      Tanya jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.      Pendahuluan
a.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa.
b.      Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 menit.
c.       Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.
d.      Melakukan apersepsi dengan meminta salah seorang siswa untuk menjelaskan ketentuan shalat secara singkat!
e.       Motivasi:
-          Apakah Kalian sudah melaksanakan shalat?
-          Peserta didik diminta untuk berpikir sejenak tentang shalat jama’ah, lalu ditanya: “Apakah Kalian sudah mempraktikkan shalat jama’ah?”
f.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.


2.      Kegiatan inti
a.   Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
b.   Setiap anggota (siswa) di masing-masing kelompok diberi tugas untuk membaca buku-buku sumber secara mandiri dengan cermat dan serius sambil menjaga suasana tetap tenang:
-       Kelompok 1: Pengertian shalat jama’ah dan dasar hukumnya
-       Kelompok 2: Pengertian shalat munfarid dan dasar hukumnya
-       Kelompok 3: Syarat-syarat mendirikan shalat jama’ah
-       Kelompok 4: Halangan-halangan mendirikan shalat jama’ah
-       Setiap siswa di masing-masing kelompok membuat laporan hasil penelaahannya.
c.       Salah seorang siswa mewakili setiap kelompok mempresentasikan laporannya di depan kelas dengan penuh tanggung jawab dan para siswa kelompok lain memberikan tanggapan dengan kritis.
d.      Semua kelompok kemudian berdiskusi untuk merumuskan keutamaan-keutaman shalat jama’ah dibanding shalat munfarid.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: religius, kritis, dan demokrati).

  1. Penutup
-          Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran
-          Penilaian singkat
-          Refleksi: Peserta didik diajak untuk berpikir dan merenungkan arti pentingnya shalat jama’ah.
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari praktik shalat jama’ah dan munfarid (contoh nilai yang ditanamkan: ingin tahu).
-          Memberi tugas siswa untuk menuliskan beberapa dalil naqli tentang shalat jama’ah.
-          Berdoa untuk mengakhiri pelajaran.

E.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Al-Quran
2.      Hadits
3.      Buku-buku tentang shalat, khususnya shalat jama’ah (tulikan nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota tempat terbit, dan penerbit).
4.      Buku Ajar (Paket) Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII (tulikan nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota tempat terbit, dan penerbit).

F.      Penilaian

Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Soal
Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid serta dasar hukumnya.

Tes  lisan


Tes tulis
Daftar soal uraian

Soal pilihan ganda
1.      Jelaskan pengertian shalat jama’ah dan dasar hukumnya!

2.      Hukum melaksanakan shalat jama’ah adalah ….
A.       wajib ‘ain
B.       wajib kifayah
C.      sunnah muakkadah
D.      sunnah ghairu muakkadah

3.      Shalat yang dilakukan dengan sendirian disebut shalat ....
A.       jama’ah
B.       munfarid
C.      jama’
D.      qadla’

Menjelaskan keutamaah shalat jama’ah atas shalat munfarid
Tes tulis
Daftar soal uraian

Soal pilihan ganda

1.      Jelaskan beberapa keutamaan shalat jama’ah atas shalat munfarid!

2.      Keutamaan shalat jama’ah atas shalat munfarid adalah pahala shalat jama’ah lebih dari shalat munfarid ... derajat:
A.    10
B.      15
C.     17
D.    27
27
3.      Shalat jama’ah yang paling tinggi nilainya dilakukan di ....
A.    rumah
B.      mushalla
C.     masjid
D.    lapangan

Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat jama’ah
Tes tulis
Daftar soal dengan jawaban singkat

Soal pilihan ganda
1.      Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat jama’ah!
2.      Dalam shalat jama’ah posisi ma’mum harus berada .... imam.

3.      Jumlah minimal dapat melakukan shalat berjama’ah adalah …
A. dua orang
B. tiga orang
C. sepuluh orang                                     
D. empat puluh orang

Menjelaskan halangan-halangan shalat jama’ah
Tes tulis
Daftar soal dengan jawaban singkat

Soal pilihan ganda
1.      Jelaskan beberapa halangan shalat jama’ah!
2.      Bolehkah kita meninggalkan shalat jama’ah karena hujan lebat?

3.      Di antara hal yang dapat menghalangi shalat berjama’ah  adalah …
A.    Karena hujan lebat sehingga menghalangi kita untuk datang ke tempat shalat berjama’ah.
B.       Karena sedang menyelesaikan pekerjaan rumah.
C.      Karena sakit hati kepada temannya yang ada di masjid.
D.     Karena lapar dan haus


Self assessment
Skala Likert
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.

1. Pemahaman kalian tentang shalat jama’ah.                                
                                            1     2     3     4
2. Rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat.
                                                1     2     3     4
3. Kemandirian kalian dalam berdiskusi.
                                                1     2     3     4
4.      Kesantunan dalam mengemukakan
pendapat.
                                                1     2     3     4
5. Berpikir logis dan kritis.
                                                1     2     3     4


                                                                                          ...................., ........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP ..............................                                       Guru PAI,



_____________________                                                ______________________
NIP.                                                                                 NIP.


















CONTOH 2:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs
:
................................
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester
Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

:
VII / 2
7. Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
7.2  Mempraktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).
Alokasi Waktu
:
2 jam pelajaran (1 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan tatacara shalat jama’ah dengan percaya diri dan santun.
  2. Siswa dapat menjelaskan tatacara shalat munfarid dengan percaya diri dan santun.
  3. Siswa dapat mempraktikkan shalat jama’ah dengan percaya diri dan disiplin.
  4. Siswa dapat mempraktikkan shalat munfarid dengan percaya diri dan disiplin.

B.     Materi Pembelajaran
1.                                                                              Tatacara shalat jama’ah.
2.                                                                              Tatacara shalat munfarid
3.                                                                              Praktik shalat jama’ah dan munfarid

C.     Metode  Pembelajaran
  1. Membaca buku dengan kritis                                                         
  2. Diskusi
  3. Presentasi
4.      Tanya jawab
5.      Praktik

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.      Pendahuluan
a.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa.
b.      Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 menit
c.       Mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.
d.      Melakukan apersepsi dengan mengingatkan pelajaran sebelumnya tentang shalat jama’ah secara singkat, lalu salah satu siswa diminta untuk menjelaskan ketentuan shalat jama’ah secara singkat.
e.       Motivasi:
-          Peserta didik diminta untuk berpikir sejenak tentang shalat jama’ah, lalu ditanya: “Apakah Kalian sudah mempraktikkan shalat jama’ah di rumah bersama orang tua kalian?”
-          Apakah Kalian sudah melaksanakan shalat jama’ah di sekolah dengan teman-teman kalian?
g.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

  1. Kegiatan inti
a.      Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
b.      Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan:
-          Kelompok 1: Tatacara melaksanakan shalat jama’ah
-          Kelompok 2: Tatacara melaksanakan shalat munfarid
-          Kelompok 3: Langkah-langkah untuk melaksanakan shalat jama’ah
-          Kelompok 4: Langkah-langkah untuk melaksanakan shalat munfarid
  1. Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusinya lalu mempresentasikannya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan sehingga semua berhasil merumuskan tatacara dan langkah-langkah pelaksanaan shalat jama’ah dan munfarid.
  2. Guru menunjuk seorang siswa untuk mempraktikkan shalat Maghrib secara munfarid (sendiri) di depan kelas dan siswa-siswa lainnya diminta untuk mengamatinya.
  3. Setelah itu guru meminta siswa untuk memberikan komentar ata praktik shalat munfarid tadi.
  4. Guru meminta lima orang maju ke depan untuk mempraktikkan shalat Maghrib berjama’ah dan siswa-siswa lainnya memperhatikan praktik shalat jama’ah tersebut dan diminta komentarnya.
(Contoh nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan di atas: kebersamaan (jama’ah), percaya diri, mandiri, disiplin, serta peduli sosial dan lingkungan).

  1. Penutup
-          Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
-          Penilaian
-          Refleksi: Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya membiasakan shalat jama’ah.
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari shalat Jum’at (contoh nilai yang ditanamkan: ingin tahu).
-          Memberi tugas siswa untuk mempraktikkan shalat jama’ah di rumah bersama keluarga.
-          Berdoa untuk mengakhiri pertemuan.

E.      Sumber dan Media Pembelajaran
  1. Buku-buku tentang shalat, khususnya shalat jama’ah (tulikan nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota tempat terbit, dan penerbit).
  2. Buku Ajar (Paket) Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII (tulikan nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota tempat terbit, dan penerbit).
  3. Peralatan shalat.

F.      Penilaian
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Intsrumen
Menjelaskan tatacara shalat jama’ah dan shalat munfarid.

Tes  tulis


Tes lisan

Daftar soal uraian

Soal uraian singkat
1.      Tuliskan secara rinci tatacara pelaksanaan shalat jama’ah!

2.      Jelaskan tatacara pelaksanaan shalat munfarid secara singkat!

Mempraktikkan shalat jama’ah dan munfarid di sekolah
Tes unjuk kerja
Lembar observasi

Lembar Observasi untuk Praktik Shalat Jama’ah:
(terlampir dalam lampiran di bawah)


Self assessment
Skala Likert
Setelah mengikuti pelajaran ini, seberapa baik kalian dalam beberapa hal berikut ini. Silanglah:
1 untuk BELUM BAIK,
2 untuk CUKUP BAIK,
3 untuk BAIK, dan
4 untuk SANGAT BAIK
sesuai dengan diri kalian.

1.   Kebiasaan kalian mempraktikkan shalat jama’ah.                                
                                                1     2     3     4
2.   Kedisiplinan dalam belajar.
                                                1     2     3     4
3.   Rasa percaya diri ketika berbicara di depan orang lain.
                                                1     2     3     4
4.   Kemandirian dalam melaksanakan shalat
                                                1     2     3     4
5.   Kepedulian dengan teman-teman kalian.
                                                1     2     3     4
6.   Kamampuan kerjasama.
                                                1     2     3     4


                                                                                          ...................., ........................2010
Mengetahui,
Kepala SMP ..............................                                       Guru PAI,



_____________________                                                ______________________



Lampiran:

RUBRIK PENILAIAN PRAKTIK SHALAT JAMA’AH

No.
Nama
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai/Rentang Skor

Jumlah skor
Kesiapan untuk melaksanakan shalat jama’ah
Gerak gerik dalam shalat jama’ah baik imam maupun ma’mum
Bacaan-bacaan dalam shalat jama’ah
Kekhushu’an dalam melaksanakan shalat
1-5
1-5
1-5
1-5

1.






2.






3.






4.






5.






6.







Keterangan:
1.      Rentang skor adalah 1 hingga 5 dengan ketentuan:
i.        Skor 1 bila sama sekali tidak memenuhi kriteria aspek yang dinilai
j.        Skor 2 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 30 %
k.      Skor 3 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 50 %
l.        Skor 4 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 80 %
m.    Skor 5 bila aspek yang dinilai sudah memenuhi kriteria 100 %
2.      Jumlah skor minimal 5 dan skor maksimal 20
3.      Nilai akhir adalah ”Jumlah skor yang dicapai : 20 x 100.”



RUBRIK PENILAIAN PRAKTIK SHALAT MUNFARID

No.
Nama
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai/Rentang Skor

Jumlah skor
Kesiapan untuk melaksanakan shalat
Gerak gerik dalam shalat
Bacaan-bacaan dalam shalat
Kekhushu’an dalam shalat
1-5
1-5
1-5
1-5

1.






2.






3.






4.






5.






6.







Keterangan:
1.      Rentang skor adalah 1 hingga 5 dengan ketentuan:
n.      Skor 1 bila sama sekali tidak memenuhi kriteria aspek yang dinilai
o.      Skor 2 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 30 %
p.      Skor 3 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 50 %
q.      Skor 4 bila aspek yang dinilai memenuhi kriteria kira-kira 80 %
r.       Skor 5 bila aspek yang dinilai sudah memenuhi kriteria 100 %
2.      Jumlah skor minimal 5 dan skor maksimal 20
3.      Nilai akhir adalah ”Jumlah skor yang dicapai : 20 x 100.”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar