FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH KENDARI
2011
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillaahirabbil’alaamiin,
puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat
limpahan rahmat, karunia dan hidayahNya-lah kami dapat menyelesaikan makalah
tentang ’’Perencanaan Pendidikan,Arti dan Kepentingannya’’.
Selain
bertujuan untuk memenuhi tugas Mata Perencanaan Pengajaran, makalah ini juga disusun dengan maksud agar pembaca
dapat memperluas ilmu dan pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan Perencanaan
pendidikan,arti dan kepentingannya.
Kami juga mengucapkan terima
kasih kepada Dosen Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran yang telah membimbing kami. Tak lupa pula ucapan terima
kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu kami dal
menyelesaikan makalah ini.
Kritik dan saran selalu kami harapkan demi penyempurnaan
makalah-makalah selanjutnya. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang
lebih luas kepada pembaca.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Kendari,25-10-2011
HARTO KAMBATON
DAFTARISI
KATA
PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI.............................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.............................................................................................
B. Rumusan
Masalah.......................................................................................
C. Tujuan...........................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A.Pengertian
Perencanaan..........................................................................
B.Pentingnya
Perencanaan Pendidikan.......................................................
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan……………………………………………………………...............
B.
Saran……………………………………………………………………..............
DAFTAR PUSTAKA
BAB
II
PENDAHULUAN
A.Latar
belakang
Perencanaan
dalam arti yang sederhana dapat dijelaskan sebagai suatu proses mempersiapkan
hal-hal yang akan dikerjakan pada waktu yang akan datang untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan terlebih
dahulu.Sudah sejak awal Pelita I istilah”Perencanaan pendidikan”dipergunakan
secara luas` baik dikalangan pendidikan maupun diluar lingkungan pendidikan
namun belum pernah ditetapkan satu defenisi secara resmi.
Umumnya defenisi mengenai
perencanaan pendidikan tidak disusun berdasarkan teori semata-mata,melainkan
diangkat dari pengalaman praktek oleh berbagai negara.Indonesia menganut paham
bahwa ada kaitan yang erat antara perencanaan dengan pelaksanaan.Hal ini
terganbar jelas pada sistem dan mekanisme perencanaan yang diikuti dilingkungan
Departemen Pendidikan dan
kebudayaandalam penyusunan perencanaan tahunan lima tahunan.
B.Rumusan
masalah
Adapun masalah-masalah yang kami
akan bahas pada diskusi ini adalah sebagai berikut:
1.Apakah
yang dimaksud dengan Perencanaan?
2.Apakah
yang dimaksud dengan Pendidkan?
3.Bagaiman
arti dan kepentingannya terhadap perencanaan pendidikan!
C.Tujuan
1.Untuk
mengetahui arti dari Perencanaan
2.Untuk
mengetahui arti dari Pendidikan
3.Untuk
mengetahui arti dan kepentingannya terhadap perencanaan pendidikan
BAB I
PEMBAHASAN
PERENCANAAN PENDIDIKAN,ARTI DAN KEPENTINGANNYA
1.PENGERTIAN
PERENCANAAN
Perencanaan dalam arti yang
sederhana dapat dijelaskan sebagai suatu proses mempersiapkan hal-hal yang akan
dikerjakan pada waktu yang akan datang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.Sudah
sejak awal Pelita I istilah”Perencanaan pendidikan”dipergunakan secara luas`
baik dikalangan pendidikan maupun diluar lingkungan pendidikan namun belum
pernah ditetapkan satu defenisi secara resmi.
Umumnya defenisi mengenai
perencanaan pendidikan tidak disusun berdasarkan teori semata-mata,melainkan
diangkat dari pengalaman praktek oleh berbagai negara.Indonesia menganut paham
bahwa ada kaitan yang erat antara perencanaan dengan pelaksanaan.Hal ini
terganbar jelas pada sistem dan mekanisme perencanaan yang diikuti dilingkungan
Departemen Pendidikan dan
kebudayaandalam penyusunan perencanaan tahunan lima tahunan.
Ada yang mendefinisikan perencanaan
pendidikan sebagai suatu alat untuk mengatur siste pendidikan,penyesuaiannya
dengan kebutuhan dan aspirasi seseorang dan masyarakat.Perencanaan harus mampu
melihat bagaimana ganbaran masyarakat pada masa yang akan datang dan adalh
tugas perncanaan untuk menyesuaikan sistem pendidikan kearah itu.C.E.Beeby
dalam tulisannya memberikan defenisi tentang perencanaan pendidikan yang dianut
oleh banyak negara berkembang ia mengemukakan suatu defenisi sebagai
berikut:”Perencanaan pendidikan adalah suatu usaha untuk melihat ke masa depan
dalam hal menentukan kebijaksanaan,prioritas dan biaya pendidikan dengan
mempertingankan kenyataan-kenyataan yang ada dalam bidang ekonomi,sosial dan
politik untuk pengembangan potensi sistem pendidikan nasional,memenuhi
kebutahan bangsa dan anak didik yang dilayani oleh sistem tersebut.”Defenisi
ini memperlihatkan dimensi baru dalam perencanaan di pendidikan.Perbedaan yang
mencolok dengan tipe perencanaan klasik ialah dalam hal besarnya perhatian yang
diberikan kepada pertumbuhan ekonomi,pengembangan sumber tenaga kerja dan terhadap perencanaan makro.
Adapula yang mendefenisikan
perencanaan pendidikan sebagai”Suatu proses memepersiapkan seperangkat
alternatif keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepada pencapaian
tujuan dengan usaha yang optimal dengn mempertimbangkan kenyataan-kenyataan
yang ada dibidang ekonomi,sosial budaya secara menyeluruh dari suatu negara
“Mempersiapkan keputusan-keputusan atau alternatif kebijaksanaan untik kegiatan
masa depan dalam pembangunan pendidikan adalah merupakan fungsi dari
perencanaan pendidikan.Perencanaan pendidikan sebagai suatu strategi yang
menghasilkan langkah-langkah untik menuju titik tujuan dengan arah yang akan
ditatapkan oleh GBHN.
Defenisi-defenisi diatas masih tetap
perlu disempurnakan untuk dapat menyatakan secara jelas dan tagas apakah
sebenaranya perencanaan pendidikan itu,khususnya untuk pendidikan dinegara kita
ini.Penyempurnaannya mungkin dapat dilakukan dengan mengawinkan dua defenisi
terakhir,yaitu defenisi ynag dikemukakan oleh C.E.Beeby dan defenisi
berikutnya.
Perencanaan pendidikan di indonesia
merupakan suatu proses penyusunan alternatif kebijaksaan mengatasi masalah yang
akan dilksanakan dalam rangka mencapain tujuan pembangunan pendidikan nasioanal
dengan mempertimbangkan kenyataan-kenyataan yang ada dibidng sosial
ekonomi,sosial budaya dan kebutuhan pembangunan secara menyeluruh terhadap
penddidika nasioanl.
2.PENTINGNYA
PERENCANAAN PENDIDIKAN
Perencanaan dapat menolong
pencapaian suatu target atau sasaran secara lebih ekonomis,tepat waktu dan
memeberi peluang untuk lebih mudah dikontrol dan dimonitoring dalam
pelaksanaannya.Karena itu perencanaan sebagai unsur dan langkah pertama dalam
fungsi pengelolaan pada umumnya menempati posisi yang amat penting dan amat
menentukan.
Melalui
perencanaan akan lebih terjamin adanya penghematan waktu,biaya dan pemakaian
sumber daya secara lebih bermanfaat.
Pentingnya perencanaan pendidikan di
indonesia ditandaidangan adanya desakan masalah dalam berbagai aspek yang suka atau
tidak harus dingani melaluiperencanaan.Tanpa perencanaan maka banyak masalah
pendidikan yang akan tertunda penanganannya.Berikut ini dikemukakan beberapa
desakan masalah pendidikan yang menuntut penanganannya melalui perencanaan:
a.Laju
perkembangan pendidikan yang lamban antara tahun 1945-1968,semasa revolusi
fisik,perjungan melawan penjajah dan
pergolakan politik menyebabakan terjadi disparitas yang mencolok dalam dunia
pendidikan.
b.Dalam
periode Pelita I,II,dan III (1969/70-1983/84)masyarakat menaruh perhatian beasr
terhadap pendidikan.
c.Kebijaksanaan
pemerintah untuk menampung semua anak umur(7-12)tahun ditingkat pendidikan
dasar menjadikan perencanaan peningkatan daya tanpung harus ditangani secara
menyeluruh,tidak cukup pada tingkat pusat tapi sampai ketingkat
Propinsi,Kabupaten dan kecamatan.
Mengingat bahwa pemecahan
masakah-masalh pendidikan umunya dan perubahan sistem pendidikan khususnya
mempunyai aspek ,menyangkut bidang lain dan akan membawa akibat yang luas
pula,maka telah diadakan penahapanatau periodisasi dalam usaha-usaha kegiatan
sebagai berikut:
1.Tahap
Penyelamatan dan Rehabilitas yang berlangsung sampai dengan tahun 1971
2.Tahap
konsolidasi dan Stabilisasi dari tahun 1971-1973
3.
Tahap Konstruksi dari tahun 1974.
Berdasarkan tugas dan ruang lingkup
tanggung jawab maka petugas-petugas perencana pendidikan dapat dikategorikan
sebagai berikut:
a.Petugas
perencana pada tingkat pusat(natioanal level)
b.
Petugas perencana pada tingkat propinsi(regional level)
c.
Petugas perencana pada tingkat kabupaten/kotamadya dan kecamatan(area level)
d.
Petugas perencana pada tingkat sekolah institutional level)
Tenaga perencana pendidikan ini
diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan sejumlah kegiatan antara lain:
a.Menganalisis
data pendidikan dan data lainnya yang diperlukan dalam penyusunan rencana
b.Menerjemahkan
implikasi rencana ekonomi makro kedalam sektor pendidikan
c.Menganalisis
proyeksi tenaga kerja nasioanl untuk seterusnya dikaitkan pada lulusan atau
output pendidikan menurut tingkat dalam progran studi
d.Menggunakan
rumus matamatis dalam perhitungan-perhitungan tertentu,misalnya memeperkirakan
kebutuha jangka pendek jangka sedang dan jangka panjang secara kuantitatif
e.Menterjemahkan
kebijaksanaan dalam suatu rencana yang
oprasiaoanal,dan
f.Menjabarkan
suatu rencana pembangunan pendidikan ke dalam proyek-proyek’
BAB
III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Perencanaan adalah suatu proses
mempersiapkan hal-hal yang akan dikerjakan pada waktu yang akan datang untuk
mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.Adapula yang
mendefenisikan perencanaan pendidikan sebagai suatu proses mempersiapkan
seperangkat alternatif keputusan bagi kegiatan masa depan yang diarahkan kepada
pencapaian tujuan dengan usaha yang optimal dengan mempertimbangkan
kenyataan-kenyataan yang ada dibidang ekonomi,sosial budaya secara menyeluruh
dari suatu negara
B.Saran
Sebaiknya kita harus memperbanyak
membaca buku atau referensi mengenai Perencanaan Pendidikan,Arti dan
Kepentingannya agar kita lebih memahami dan memahami tentang mata kuliah
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar