Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami
tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrummen
|
|||||||
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
|
Pengertian
shalat berjama’ah dan munfarid
|
1.
Siswa membaca dan menelaah secara mandiri
berbagai literature tentang ketentuan shalat
berjamaah dan munfarid serta dasar hukumnya.
2.
Secara berkel ompok siswa berdiskusi
dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang lengkap
tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya.
3.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi, dan ditanggapi
kelompok lainnya.
|
1. Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya!
|
2
x 40 menit
|
Buku-buku
yang relevan membahas fiqih atau shalat
|
Religius
Kritis
Demokratis
|
2.
Menjelaskan pengertian shalat munfarid.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan pengertian shalat munfarid!
|
|
|||||
3.
Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah
atas shalat munfarid.
|
Tes
tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid!
|
|
|||||
4. Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
|
Tes
tulis
|
Jawaban
sin
gkat
|
1. Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
|
|
|||||
5. Menjelaskan halangan-halangan
shalat berjama’ah.
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
1. Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah!
|
|
|||||
7.2 Mempraktik-kan shalat jama’ah dan shalat munfarid
(sendiri).
|
Praktik shalat berjama’ah dan munfarid
|
1.
Secara berkelompok siswa merumuskan tatacara shalat
jama’ah dan shalat munfarid serta langkah-langkahnya dengan percaya diri dan
santun.
2. Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid bersama teman-temannya
di sekolah.
3.
Siswa mempraktikkan posisi shaf imam dan
ma’mum dalam berbagai formasi.
|
1.
Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.
|
Tes
lisan
|
Jawaban
singkat
|
1. Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian!
|
2
x 40 menit
|
Buku-buku
yang relevan membahas fiqih atau shalat
|
Religius
Kebersamaan,
Disiplin,
|
2.
Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
|
Tes
lisan
|
Jawaban
singkat
|
1.
Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid!
|
|
|||||
3.
Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.
|
Tes
praktik
|
Unjuk
kerja
|
1. Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah bersama teman-teman kalian!
|
|
|||||
4. Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.
|
Tes
praktik
|
Unjuk
kerja
|
1. Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di hadapan teman-teman
kalian!
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar