Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami
tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
| 
    
Kompetensi Dasar 
 | 
   
    
Materi
   Pembelajaran 
 | 
   
    
Kegiatan
   Pembelajaran 
 | 
   
    
Indikator 
 | 
   
    
Penilaian 
 | 
   
    
Alokasi
   Waktu 
 | 
   
    
Sumber
   Belajar 
 | 
   
    
Karakter 
 | 
  ||
| 
    
Teknik 
 | 
   
    
Bentuk  
 | 
   
    
Contoh Instrummen 
 | 
  |||||||
| 
   
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri). 
 | 
  
   
Pengertian
  shalat berjama’ah  dan munfarid 
 | 
  
   
1.    
  Siswa membaca dan menelaah secara mandiri
  berbagai literature tentang ketentuan shalat 
  berjamaah dan munfarid serta dasar                                              hukumnya. 
2.    
  Secara berkel ompok siswa  berdiskusi 
  dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang lengkap
  tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya. 
3.    
  Setiap kelompok mempresentasikan hasil
  diskusi,               dan ditanggapi
  kelompok lainnya. 
 | 
  
   
1.   Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya. 
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
1. Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya! 
 | 
  
   
2
  x 40 menit 
 | 
  
   
Buku-buku
  yang relevan membahas fiqih atau shalat                                                                              
 | 
  
   
Religius 
Kritis 
Demokratis 
 | 
 
| 
   
2. 
  Menjelaskan pengertian shalat munfarid. 
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
1.
  Jelaskan pengertian shalat munfarid! 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
3. 
  Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah
  atas shalat munfarid. 
 | 
  
   
Tes
  tulis  
 | 
  
   
Uraian 
 | 
  
   
1.
  Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid! 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
4.  Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Jawaban
  sin                                                                                              
  gkat 
 | 
  
   
1. Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah. 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
5.  Menjelaskan halangan-halangan
  shalat berjama’ah. 
 | 
  
   
Tes
  tulis 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat 
 | 
  
   
1. Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah! 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
7.2 Mempraktik-kan shalat jama’ah dan shalat munfarid
  (sendiri). 
 | 
  
   
Praktik shalat berjama’ah  dan munfarid  
 | 
  
   
1.  
  Secara berkelompok siswa                  merumuskan tatacara shalat
  jama’ah dan shalat munfarid serta langkah-langkahnya dengan percaya diri dan
  santun.  
2.   Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid bersama teman-temannya
  di sekolah. 
3.  
  Siswa mempraktikkan posisi shaf imam dan
  ma’mum dalam berbagai formasi. 
 | 
  
   
1.  
  Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah. 
 | 
  
   
Tes
  lisan 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat 
 | 
  
   
1. Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian! 
 | 
  
   
2
  x 40 menit 
 | 
  
   
Buku-buku
  yang relevan membahas fiqih atau shalat 
 | 
  
   
Religius 
Kebersamaan,        
Disiplin, 
 | 
 
| 
   
2.  
  Menjelaskan tatacara shalat munfarid. 
 | 
  
   
Tes
  lisan 
 | 
  
   
Jawaban
  singkat 
 | 
  
   
1.
  Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid! 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
3. 
  Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah. 
 | 
  
   
Tes
  praktik  
 | 
  
   
Unjuk
  kerja 
 | 
  
   
1. Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah bersama teman-teman kalian! 
 | 
  
   | 
 |||||
| 
   
4.  Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.  
 | 
  
   
Tes
  praktik  
 | 
  
   
Unjuk
  kerja 
 | 
  
   
1. Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di hadapan teman-teman
  kalian! 
 | 
  
   | 
 |||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar