Minggu, 15 April 2012

SENI PERTUNJUKAN ISLAM


Istilah seni pertunjukkan islami menunjuk pada seni pertunjukan yang berhubungan dengan islami ditinjau dari kacamata sejarah dan sosial-budaya.kata “islami” labih dipilih karena bentuk-bentuk kesenian ini bukanlah bagian yang terpadu dari susunan ajaran dan aturan-aturan agama iti sendiri, tetapimerupakan sebuah gejala sampingan disekitar islam sebagai agama. Namun harus diakui beberapa bentuk pertunjukan yang lebih tua memang berperan penting dala menyebarkan kepercayaan islami.satu-satunya bentuk seni yang disebut dalam hadis kumpulan perkataan dan perbuatan Nabi Muhammad, adalah seni membaca Al-Qur’an yang dapat diterima oleh pemimpin islam pada masa lalu.
Dalam seni pertunjukan diIndonesia terdapat tiga macam hubungan islam yaitu:
1.      Bentuk-bentuk seni yang sudah ada sebelum diperkenalkan Islam, yang kemudian berubah dengan adanya pegaruh pesan Islam. Daur cerita menak dalam wayang golek menak dan beksa golek menak pada pertengahan abad ke-20 bercerita tentang pahlawan Islam dan membawa pesan-pesan Islam, sementara unsur drama dan perwatakan dasar tokohnya berdasar pada wayang purwa jawa kuno.
2.      Seni baru yang ketika diperkenalkan keIndonesia sudah bermuatan pesan Islami. Salah satu wujudnya adalah pertunjukan dengan para penari berdiri dalam barisan sambil menyanyikan teks dan menggerakkan badam dalam irama. Kebanyakan teks berisi puji-pujian untuk Nabi Muhammad dalam bahasa Arab terkadand diwarnai syair bahasa setempat. pertunjukan semacam ini, bersama dengan alat musik tertentu yang digunakan sebagai pengiring diyakini berasal dari persia.
3.      Terdapat beberapa karya kontemporer yang tidak teikat secara ketat dengan tradisi tertentu,tetapi kesan Islam tampil jelas.
Keislaman seni pertunjukan Indonesia dapat terlihat dalam teks, perupaan dan gubahan musik. Teks mungkin seluruhnya berbahasa Arab, diambil dari kitab suci, atau dalam bahasa setempat dengan atau tanpa sisipan istilah keagamaan bahasa Arab tetapi dengan pesan Islami yang jelas. Perupaan meliputi sifat kaligrafi Arab, hiasan arabeks,dan busana. Gubahan musik menampilkan gambus (alat petik) dan gendang rebana sebagai ciri Islam, Rebana berbentuk bulat, terbuat dari kayu atau logam, dilapisi lembaran kulit pada salah satu sisinya ,dan kadang-kadang diberi lempeng logam disekitar lingkaranya sehingga menghasilkan suara gemerincing bila digoyang-goyangkan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar